GERAKAN

Sebuah kata yang menurut saya bermakna luar biasa. Suatu kegiatan yang dilakukan sekumpulan orang dengan maksud dan tujuan yang sama. Seru tentu. Inilah yang ingin saya bangun, sebuah gerakan. Gerakan yang bermanfaat, gerakan yang mencerdaskan, gerakan yang membangun, dan gerakan yang saling peduli. Gerakan inilah yang nantinya mengubah paradigma, perilaku, dan kebiasaan masyarakat, turut pula mengubah tatanan industri. Semakin tinggi tujuannya pasti akan semakin tak mudah melakukan.

Sebelumnya saya telah memaparkan cita, menggambarkan harapan penuh makna. Cita sebagai tujuan, dan gerakan adalah proses nyata pencapaian. Proses maju belajar dan berevaluasi kunci indikator aktivasi gerakan. Memulai dari diri amat susah namun harus terus melangkah. Langkah awal langkah tak mudah langkah pun tak tau arah, langkah ragu namun kadang menggebu, langkah serapah menarik diri akan takut salah. Berfikir cermat seolah terarah namun gundah hanya menarik ulur waktu dan kesempatan, salah. Diri, melangkahlah karena perlu menjejak, salahlah karena perlu intropeksi, tak tahulah karena perlu berilmu, tak mengertilah karena perlu terus belajar, dan bergeraklah karena perlu terus maju.

Pengelolaan sampah menarik saya terus mendalami ruas-ruas ilmu. Mentrasformasikan dalam bentuk gerakan menuntut hal nyata. Sampah menjadi hal lumrah setiap saat berhadap, tergunakan, dan enyah. Pola yang terbentuk sejak dekade lalu tak kunjung terganti hingga kini. Dunia makin maju makin harusnya maju pula kualitas diri insani. Bertingkah bukan hanya mengenyahkan sampah dari pandangan anggapan lingkungan jadi indah, namun harus turut pula berfikir sampah terolah. Tak tahukah gunung baru telah tercipta bukan angan gunung nan indah, sebaliknya gunung keburukan dari tumpukan sampah. Tak tahukah pulau baru telah tercipta bukan ekspektasi pulau nan eksotis, realita pulau keburukan dari kumpulan sampah. Tahu kah kita dia sampah mampu bertahan diri hingga ribuan tahun, mengendap dalam bumi menghancurkan tatanan keindahan.

Inilah latar dari gerakan. Gerakan mengurangi sampah, memilah sampah, mengguna kembali sampah, menyimpan sampah, dan mendaur ulang sampah. Terdengar tak asing dan biasa karena konsepnya memang telah lama, namun menjadi tak biasa dilakukan karena memang tak tahu sesungguhnya makna dan cara. Hanya mendengar dan melihat, tak menahu arti dan tujuan, tak pula faham visi dan langkah. Inilah gerakan untuk menuangkan semuanya. Mengubah tidak tahu jadi menahu, mengubah menahu jadi mengerti, mengubah mengerti jadi aksi, mengubah aksi jadi budaya, mengubah budaya jadi sumber daya industri, dan mengubah seumber daya industri jadi produk terolah ramah bagi bumi. Inilah gerakan besar, gerakan pasti, gerakan multi dimensi. Mari berkolaborasi melangkah ciptakan gerakan. Mari berkolaborasi membangun tatanan indah bagi negeri. Mari berkolaborasi terus maju menuju dunia baru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s